Tanggapi Rekonstruksi Polisi soal Tewasnya Laskar FPI, Komnas HAM: Itu Kan Versi Mereka Sendiri

oleh -
Tanggapi Rekonstruksi Polisi soal Tewasnya Laskar FPI, Komnas HAM: Itu Kan Versi Mereka Sendiri

JAKARTA, Roda Duniawi – Komisi Nasional (KOMNAS) Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik mengapresiasi upaya dan hasil rekonstruksi kasus penembakan 6 laskar Front Pembela Islam oleh Mabes Polri Senin dinihari (14/12/2020).

Dia mengatakan, dalam konteks Komnas HAM, rekonstruksi itu sudah masuk dalam substansi perkara. Rekonstruksi itu dia sebut versi polisi. Sedangkan, Komnas HAM memiliki metode sendiri dalam proses pencarian fakta penembakan enam pemuda pengawal Habib Rizieq Syihab (HRS) itu.

“Kita masih dalam proses penelusuran, data, fakta, segala macam. Ya kita menghormatilah rekonstruksi yang dibuat oleh pihak Polri. Itu kan versi mereka. Tentu Komnas HAM dengan mandat yang ada sebagai lembaga negara independen menelusuri menurut data, informasi, yang kami kumpulkan sendiri. Nanti kami kroscek juga kepada pihak kepolisian, pihak lain, termasuk saksi-saksi lapangan yang sudah kami temui,” katanya di Jakarta (14/12/2020).

Artikel Menarik Lainya!:   MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAU


Dia menolak mengungkap hasil sementara penelusuran Komnas HAM atas peristiwa berdarah itu. Sebab, investigator pencari fakta Komnas HAM masih terus bekerja mengumpulkan fakta dari lapangan dan menggali informasi dari berbagai pihak.