Siapakah Empat Wanita Penghulu Surga

oleh -

Assalamualaikum.. Pak ustadz. Benarkah ada tiga wanita yang sempurna di dunia ini? Katanya mereka adalah Maryam binti Imran,  Asiah istri Firaun, dan Khadijah istri Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Benar nggak ustadz? Soalnya ini anak saya bertanya.
Apa yang Anda sebutkan adalah benar. Akan tetapi di dalam redaksi haditsnya yang disebutkan adalah empat wanita penghuni surga yang paling utama.
Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
أَفْضَلُ نِسَاءِ أَهْلِ الْجَنَّةِ خَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ وَفَاطِمَةُ بِنْتُ مُحَمَّدٍ وَآسِيَةُ بِنْتُ مُزَاحِمٍ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ وَمَرْيَمُ ابْنَةُ عِمْرَانَ
 “wanita penghuni syurga yang paling utama adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti imran dan Asiyah binti Mazahim istri firaun. (HR. Ahmad, thabrani, hakim)
Dalam hadits lain disebutkan nabi shollallahu ‘alaihi wasallam  bersabda yang artinya; ‘’ sebaik-baik wanita adalah Maryam ketika zamannya, dan sebaik-baik wanita adalah Khadijah ketika zamannya.” (Sahih Al-Bukhari)
Demikian pentingnya ke 4 wanita ini, sampai Allah mengabadikannya dalam Al-Qur’an dan Hadits dan mempersiapkan istana khusus untuk mereka di surga. Mereka memiliki keutamaan karena ketakwaan dan keimanan mereka. Selain itu mereka memiliki akhlak yang mulia. Ulama mengatakan bahwa keempat wanita ini kelak akan menjadi penghulu atau pemimpin para wanita surga.

Artikel Menarik Lainya!:   Sambal Jengkol Pete

No More Posts Available.

No more pages to load.