Mata Cewek Vs Mata Cowok?

oleh -

SriwijayaAktual.com  – Cowok dan cewek emang sama-sama
tertarik pada hal-hal yang visual. Tapi, menurut buku Why Men DoAlign
Leftn’t Listen and Women Cant Read Maps karangan Allan dan Barbara
Pearce, ada beberapa perbedaan antara mata cewek dengan mata cowok. Ini
berhubungan dengan biologi dan kebiasaan yang berlangsung sejak ribuan
tahun yang lalu.

1. Pandangan cewek lebih melebar, pandangan cowok lebih tajam
Cowok
sering banget kepergok lagi ngelirik cewek lain yang lewat di
sebelahnya. Padahal, cewek juga sering kok mengagumi cowok ganteng yang
kebetulan melintas. Bedanya, cewek nggak perlu menoleh karena jangkauan
pandangan cewek lebih dari 180 derajat. Ini karena mata cewek punya
lebih banyak jenis kerucut dalam retinanya.
Mata cowok ukurannya
lebih besar dari mata cewek, dan otak menyusunnya seperti sebuah
terowongan. Artinya, cowok bisa ngeliat lebih jelas, lebih tepat, dan
lebih jauh dibanding cewek. Mirip teropong deh.

2. Cowok lebih bisa melihat di dalam gelap
Kalo
udah malem, lebih baik jangan serahkan tugas nyetir pada cewek.
Soalnya, ternyata cowok emang lebih mahir ngeliat di dalam gelap
dibanding cewek. Apalagi, cowok juga punya kemampuan spasial yang lebih
baik di otak kanannya.
Sebaliknya, cewek biasanya kesulitan
melihat jarak jauh di dalam kegelapan. Kemampuan ruang yang terbatas
juga bikin sebagian besar cewek sulit menentukan arah laju kendaraan
lain di malam hari.

3. Mata cewek bisa melihat lebih banyak
Sejak
ribuan tahun yang lalu, otak cowok dipersiapkan untuk berburu. Kita
harus bisa melihat banyak hal dalam area yang sempit. Otak kita secara
otomatis menyempitkan penglihatan kita supaya bisa memusatkan perhatian
pada satu hal yang khusus, misalnya binatang buruan.

Pada cewek
nggak seperti ini. Sebagai spesies yang terbiasa bertugas melindungi
sarang atau tempat tinggal, otak cewek pun terprogram untuk mengolah
semua informasi visual yang masuk di lingkup yang lebih luas. Inilah
kenapa cewek lebih gampang mencari barang hilang dibanding cowok, karena
otaknya bisa memproses lebih banyak “gambar” dalam satu waktu dibanding
cowok. (Beritaunik.net)

No More Posts Available.

No more pages to load.