Manfaat Sayur dan Buah Bagi Kesehatan

oleh -
Sayur dan buah telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu untuk dikonsumsi dan diolah secara alami tanpa menggunakan campuran apa pun. Kandungan zat gizi seperti diet dan mineral terbanyak bersumber dari sayur dan buah.

Sayuran daun berwarna hijau gelap seperti bayam, katuk, dan buah atau sayuran berwarna kuning/oranye seperti wortel, kentang, tomat, labu kuning, pepaya, mangga, dll. ternyata kaya akan diet A. Diet ini berfungsi mempertahankan kesehatan mata, struktur kulit, rambut, dan gigi.

Buah dan sayur juga kaya diet E. Diet E banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau (bayam) dan tomat. Buah dan sayur yang kaya diet E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke, dan infeksi virus.

Artikel Menarik Lainya!:   Warna Air Urine Kencing Mu Kuning Tua Saat Berpuasa" Bagus atau Tidak?

Tidak hanya itu, buah dan sayuran juga banyak mengandung diet C. Diet C ini berfungsi sebagai antioksidan, kesehatan gusi, dan mencegah terjadinya luka memar. Dalam buah-buahan diet C banyak terdapat pada jambu biji, jeruk, tomat, mangga, dan sirsak.

Dalam sebuah tulisannya Dra Emma S. Wirakusumah, MSc. mengungkapkan bahwa dari berbagai riset menunjukkan buah dan sayuran selain sarat diet dan mineral juga mengandung zat nongizi yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain serat, phytokimia, dan lain-lain.

Phytokimia dapat menetralkan racun obat dan zat karsinogen dengan jalan menetralkan radikal bebas, menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen, sekaligus merangsang enzim yang menetralkan zat karsinogen.

Buah-buah dan sayuran yang mengandung phytokimia di antaranya bayam, kangkung, brokoli, sawi, kacang-kacangan, tomat, pepaya, anggur, jeruk, wortel, dan lain-lain.

Buah-buahan biasanya dikonsumsi masih dalam keadaan segar. Sayuran diolah dengan cara dimasak dengan sedikit air atau ditumis maupun berupa masakan berkuah misalnya sup. Cara lain yang banyak dilakukan akhir-akhir ini yaitu dalam bentuk jus.

No More Posts Available.

No more pages to load.