Mahfud MD, Sebut KAHMI Wajib Berpolitik

oleh -
Mahfud MD (Ist) 

PAMEKASAN, SriwijayaAktual.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan umat Islam dan organisasi keagamaan lainnya, termasuk Korp Alumni HMI (KAHMI), wajib berpolitik untuk mewujudkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jangan alergi dengan politik, karena politik adalah fitrah,” katanya saat menyampaikan orasi ilmiah dalam Silaturahim KAHMI Se-Madura dengan Presidium Majelis Nasional KAHMI di Pendopo Ronggosukowati Pemkab Pamekasan, Sabtu (16/7) malam.

Presidium Majelis Nasional KAHMI Mahfud MD ini mendasari pernyataannya kepada kaidah “ushul fiqh” yang menyebutkan bahwa tidak akan sempurna sesuatu yang bersifat wajib tanpa ditopang oleh hal-hal yang mewajibkan pula.

Menyebarkan nilai-nilai Islam untuk kebaikan kepada umat itu hukumnya wajib, maka cara atau sarana untuk merealisasikan sesuatu yang wajib itu juga wajib hukumnya.

Artikel Menarik Lainya!:   Pentingnya Pendidikan Karakter, Untuk Dunia Pendidikan

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta ini menjelaskan, politik dan agama ibarat dua saudara kembar. Tidak mungkin seseorang bisa memperjuangkan agama, tanpa memiliki kekuasaan.

“Karena itu upaya meraih kekuasaan sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai ke-Islam-an adalah menjadi keharusan. Dan itu adalah politik,” ucap dia.

Menurut dia, posisi agama dan kekuasaan adalah saling berkait. “Agama itu merupakan dasar atau pedoman, sedangkan kekuasaan adalah pengawal,” katanya, menambahkan.

Silaturahim KAHMI Se-Madura dengan dengan Presidium Majelis Nasional KAHMI Mahfud MD di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Sabtu (16/7) malam itu dihadiri sekitar 300 orang dari empat kabupaten, yakni Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Kabupaten Bangkalan.

Artikel Menarik Lainya!:   Pengacara Ahok sebut, Tak Akan Ajukan Praperadilan Untuk Menggugurkan Status Hukum Ahok

Mahfud MD hadir ke Pamekasan didampingi Presidium KAHMI Jawa Timur Fauzi Hasyim, serta beberapa pejabat lokal Madura, seperti Ketua KPU Sampang Samsul Arifin, Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah, Wakil Bupati Pamekasan Periode 2008-2013 Kadarisman Sastrodiwirjo, serta Sekretaris PWI Sumenep Slamet Hidayat. (Adm).

Sumber, Antara

No More Posts Available.

No more pages to load.