INVESTASI APA YANG MENGUNTUNGKAN MASA DEPAN YANG BIKIN KAMU CEPAT KAYA RAYA ?

oleh -
INVESTASI APA YANG MENGUNTUNGKAN MASA DEPAN YANG BIKIN KAMU CEPAT KAYA RAYA ?
INVESTASI APA YANG MENGUNTUNGKAN MASA DEPAN YANG BIKIN KAMU CEPAT KAYA RAYA ?

INVESTASI APA YANG MENGUNTUNGKAN MASA DEPAN ? ANDA WAJIB PUNYA SALAH SATUNYA

Roda Duniawi – Investasi yang menguntungkan adalah investasi emas. Tahun ini harga emas berkilau cemerlang, bahkan sebenarnya sudah sejak tahun lalu. Harga emas dunia meroket dan harga emas batangan bersetifikat di Logam Mulia milik PT. Aneka Tambang (Antam) pun memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Ini menarik perhatian masyarakat untuk menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas.

Menurut data yang dilansir CNBC Indonesia, emas dunia mencpai rekor tertinggi sepanjang sejarah US$ 2.072,49/troy ons, pada Jum’at (07/08/2020). Dan jika dibandigkan dengan harga emas di tahun 2019 berada di US$ 1.517.01/troy ons, ini menunjukan bahwa harga emas dunia menanjak signifikan 36,62%.

Sedangkan data logam mulia berupa emas dalam negeri PT. Aneka Tambang (Antam) naik Rp. 10.000/gram dari Rp. 765.000/gram menjadi Rp. 775.000/gram. ini merupakan rekor tertinggi dimana sebelumnya hanya berkisar di harga Rp. 774.000.

Fenomena ini menarik beberapa orang untuk ikut berinvestasi emas melihat betapa menguntungkannya investasi ini. Selain itu investasi emas bukan hanya menguntungkan namun juga termasuk investasi aman karena harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun. Dan perlu diketahui nilai emas tidak dipengaruhi oleh inflasi. Ini yang membuat masyarakat tergiur untuk merogoh kocek ekstra demi mendapat keuntungan pasti dimasa depan. Untuk itu mari kita pelajari investasi low risk yang menguntungkan ini.

Dilansir dari Cermati.com ada beberapa cara dalam berinvestasi emas diantaranya adalah :

  1. Teknik investasi emas klasik

Maksudnya adalah dengan menerapkan cara membeli emas disaat murah dan menjual kembali disaat harga emas tinggi.

  • Nabung emas

Menabung emas sedikit sedikit, dikumpulkan dan dikemudian hari dilikuidkan.

  • Investasi emas dijadikan modal usaha

Meningkatkan nilai emas dengan cara menggadaikannya lalu uang hasil gadai dijadikan uang modal usaha dan bisnis.

  • Teknik kebun emas

Teknik ini ngetrend di tahun 2010-an keatas namun sekarang sudah ditinggalkan karena modalnya terlalu tinggi dan untung yang didapatkan tidak semenarik teknik lainnya.

  • Investasi emas sistem forex trading

Dengan cara emas digadaikan lalu dijadikan modal untuk melakukan trading, namun cari ini memiliki risiko yang cukup besar.

Artikel Menarik Lainya!:   5 Metode Cari Uang Online yang Telah Terbukti Keberhasilannya

Dari sekian teknik diatas nabung emas memiliki beberapa kelebihan dibanding teknik yang lainnya. Diantara keuntungan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Bisa menabung dengan nominal kecil

Nilai minimum nabung emas biasanya sudah bisa dimulai dari 0,01 gram ata tergantung kebijakan penyedia jasa layanan tabungan emas, namun biayanya relatif kecil mulai dari Rp. 5000 rupiah sudah bisa melakukan teknik ini. Tentu ini memudahkan masyarakat yang tertarik untuk mulai investasi berupa emas. Jika dahulu emas diperdagangkan dengan bentuk batangan kini setiap investor bisa mencicil tabungan emas mereka. Ini juga merupakan sebuah wujud kepraktisan dan membuat emas menjadi intrumen investasi yang cocok untuk semua kalangan, bahkan dikalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin berinvestasi sejak dini.

b. Tak perlu menyimpan fisik

Setelah membua tabungan emas, otomatis emas yang kita simpan dikonversikan dalam bentuk uang yang disetorkan dan kemudian disimpan oleh lembaga penyedia layanan tabungan emas. Keuntungan lainnya adalah tabungan emas bisa dicairkan kapan pun sehingga investor tidak perlu bingung mencari tempat yang aman untuk menyimpan emas yang ditabung. Atas kelebihan ini tentunya emas lebih aman dari risiko kehilangan.

c. Dapat digadaikan atau menjadi bukti jaminan

Beberapa lembaga keungan penyedia layanan tabungan emas memfasilitasi kredit dengan jaminan tabungan emas. Hal ini tentu memudahkan investor jika membutuhkan dana yang mendesak. Terlebih lagi kini peminjaman tersebut bisa dilakukan secara online ini membuat investor fleksibel dalam melakukan tranasaksi tabungan emas.

Jika calon investor sudah tertarik untuk membuka rekening tabungan emas, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

  1. Memilih lembaga keungan yang menyediakan layanan tabungan emas

Untuk memilih lembaga keuangan yang dipercayai dalam mengelola uang yang investor berikan dengan tepat maka harus memperhatikan :

a. Biaya pembukaan rekening tabungan emas

b. Harga emas yang ditetapkan oleh lembaga penyedia layanan tabungan emas

Beberapa kebijakan lembaga keungan membuat harga emas lebih tinggi dibanding harga asli emas yang dikeluarkan oleh PT. Aneka Tambang (Antam) atau PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS).

  • Biaya transaksi tabungan emas
  • Jalur transaksi tabungan emas
  • Pembatasan transaksi tabungan emas
  • Biaya cetak emas
  • Regulasi dan jangka investasi tabungan emas
  • CIF
Artikel Menarik Lainya!:   Ratusan pelajar ikut sosialisasi Rumah Peradaban

CIF merupakan akronim dari Customer Information File, CIF ini berisikan seluruh informasi nasabah di suatu bank atau lembaga keuangan. Nomor CIF ini merupakan sebuah sistem dari bank yang berfungsi untuk mencatat serta mengetahui data-data pribadi, data keuangan, dan data-data yang terkait nasabah lainnya. Hal-hal tersebut merupakan informasi rahasia di bank.

  • Lama pencetakan emas

Lama pencetakan emas kurang lebih 15 – 45 hari tergantung kebijakan lembaga keuangan penyedia jasa.

  • Harga beli dan harga buyback

Harga beli adalah harga yang kita tuniakan ketika kita membeli emas. Sedangkan harga buyback adalah harga yang kita gunaka sebagai panduan Ketika kita ingin menjual emas yang kita miliki. Uniknya produsen emas Antam menetapkan harga buyback lebih rendah dibandingkan harga beli, maka dari itu investor perlu mencermati hal ini dengan seksama. Sebagai contoh apabila anda membeli emas antam pada hari Rabu (4 September 2020) harga emas benilai Rp. 775.000/gram namun pada tanggal yang sama harga buyback yang ditetapkan oleh Antam adalah Rp. 699.000/gram. Dari titik ini dapat diambil kesimpulan bahwa emas bukan investasi jangka pendek.

  • PPN

PPN atau Pajak Penambahan Nilai merupakan pajak adalah pungutan yang dibebankan atas transaksi jual-beli barang dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Tarif PPN menurut ketentuan Undang-Undang No.42 tahun 2009 pasal 7 :

  • Tarif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) adalah 10% (sepuluh persen).
  • Tarif PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 0% (nol persen) diterapkan atas:
  • Ekspor Barang Kena Pajak Berwujud
  • Ekspor Barang Kena Pajak Tidak Berwujud
  • Ekspor Jasa Kena Pajak
  • Tarif pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berubah menjadi paling rendah 5% (lima persen) dan paling tinggi sebesar 15% (lima belas persen) sebagaimana diatur oleh Peraturan Pemerintah.
Artikel Menarik Lainya!:   Polisi sebut Penikam Syekh Ali Jaber Pemain Tunggal, Tidak Disuruh

c. Produsen emas dan produk emas di Indonesia

PT. Aneka Tambang (Antam)

PT. Aneka tambang atau biasa dikenal dengan sebutan Antam memiliki beberapa produk emas diantaranya :

Antam Retro

Antam Retro adalah emas dengan kemasan lama yakni masih menggunakan plastik mika tebal sebagai pembungkus, serifikat terpisah dari kepingan emas, terakhir produksi tahun 2018.

Antam Retro

Antam Certi (Atau biasa disebut antam saja)

Antam dengan kemasan baru berbentuk certicard, sertifikat dan kepingan emas sudah menyatu, memiliki certicode, untuk mengecek keaslian emas bisa dengan scan certicode menggunakan aplikasi CertiEye, mulai dicetak dari tahun 2018.

Antam Certi (kemasan baru)

Antam Batik

Emas Antam dengan ukiran batik di salah satu sisinya

Antam Batik

PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS)

Emas UBS sendiri memiliki kemasan tersendiri, namun kemasannya sudah menyatu dengan emas dan sertifikatnya langsung.

Emas UBS

  • Perbedaan emas Antam dan UBS
  • Selisih ukuran emas Antam dan UBS

Emas Antam memiliki varian ukuran 0,5 gr, 1 gr, 2gr, 2,5gr, 3 gr, 4 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr, dan yang paling besar adalah 1000 gr atau 1 kg.

Emas UBS memiliki varian ukuran 0,5 gr, 1 gr, 2 gr, 3 gr, 4 gr, 5 gr, dan juga 10 gr, 25 gr, 50 gr, dan juga 100 gr.

Perbedaan sertifikat

Emas Antam sudah memiliki serifikat LBMA (London Bullion Market Association). Dengan sertifikat ini pemilik emas Antam dapat dengan mudah menjual emas di pasar negara manapun diseluruh dunia.

Emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional saja, jadi tidak bisa dijual diseluruh pasar dunia namun hanya sebatas jual di pasar nasional.

Penyetokan Emas Antam dan UBS

Emas Antam dapat dibeli secara langsung di Unit Bisnis Antam di Pulogadung Jakarta Timur. Dan memiliki beberapa outlet emas yang tersebar di kota – kota Indonesia. Antam juga melakukan penjualan langsung di lokasi tersebut.

Emas UBS tidak memiliki pusat penjualan khusus, namun tetap dapat ditemukan di banyak toko emas, market place, dan pegadaian. [*]

No More Posts Available.

No more pages to load.