Ini dia! 5 Manfaat Pilates untuk Postur Tubuh mu,’ Montok?

oleh -
Ini dia! 5 Manfaat Pilates untuk Postur Tubuh mu
Ini dia! 5 Manfaat Pilates untuk Postur Tubuh mu

Roda Duniawi – Manfaat pilates tidak hanya untuk mencapai berat badan excellent, tetapi juga melatih kekuatan sekaligus kelenturan otot inti tubuh. Otot tubuh yang kuat dapat menunjang postur tubuh yang baik. Selain itu, masih ada beragam manfaat pilates lain yang juga berdampak pada postur tubuh.

Pilates terdiri atas berbagai gerakan yang berfokus pada perut, pinggang, panggul, dan paha. Olahraga yang tergolong minimal impact ini dapat melatih ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas otot.

Bagi sebagian orang, pilates dianggap sama dengan yoga. Padahal, keduanya merupakan dua jenis olahraga yang berbeda.

Prinsip-Prinsip Dasar Pilates

Ada beberapa prinsip dasar pilates yang perlu Anda ketahui sebelum melakukannya. Prinsip dasar tersebut, meliputi:

Konsentrasi

Saat melakukan gerakan pilates, Anda harus fokus dan memusatkan perhatian pada setiap gerakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel Menarik Lainya!:   5 Alibi Kenapa Kalian Tidak Butuh Pacaran Di Keadaan Yang Belum Matang

Pernapasan

Pernapasan merupakan bagian penting dari pilates. Ketika melakukan setiap gerakan pilates, dianjurkan untuk memaksimalkan kekuatan paru-paru untuk memompa udara ke dalam dan ke luar tubuh.

Latihan terpusat pada kelompok otot inti tubuh

Fokus utama gerakan pilates adalah pada otot-otot inti tubuh, yaitu house antara tulang rusuk bagian bawah dan tulang kem4luan.

Tidak kaku

Gerakan dalam olahraga pilates tergolong tidak kaku, anggun, dan mudah untuk diterapkan. Namun, setiap gerakan tersebut harus dilakukan dengan tepat agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Ragam Manfaat Pilates untuk Postur Tubuh

Ada beragam manfaat pilates untuk postur tubuh jika dilakukan secara teratur, antara lain:

  1. Memperbaiki bentuk dan postur tubuh

Rutin melakukan pilates dapat memperbaiki bentuk dan postur tubuh. Hal ini karena pilates melatih otot inti tubuh, seperti otot punggung bawah, otot pinggul, dan otot perut agar dapat bekerja secara harmonis.

Artikel Menarik Lainya!:   5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Pilates juga mampu menyeimbangkan koordinasi tubuh sehingga menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

  1. Membuat tubuh menjadi lebih tegap

Jika Anda menghabiskan waktu dengan duduk ketika bekerja, olahraga pilates sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Terkadang, badan cenderung membungkuk ketika duduk. Dengan pilates, otot-otot inti tubuh menjadi lebih rileks dan kuat sehingga membantu postur tubuh menjadi lebih tegap.

  1. Membuat otot tubuh lebih kencang

Otot punggung, otot perut, dan otot dasar panggul berperan dalam hampir setiap gerakan tubuh. Pilates dapat mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot-otot tersebut, sehingga tubuh Anda akan lebih stabil dan kokoh.

  1. Menjaga berat badan excellent

Olahraga apa pun, termasuk pilates, dapat membakar kalori. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan excellent.

Artikel Menarik Lainya!:   Ciuman, Tak Sekadar Bibir Ketemu Bibir

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya disertai dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan olahraga aerobik, seperti berenang atau berjalan kaki.

  1. Meringankan nyeri punggung atau otot

Pilates juga bisa menjadi salah satu terapi untuk penderita nyeri punggung bawah kronis. Olahraga ini dapat memperkuat dan meningkatkan elastisitas otot, sehingga mempercepat pemulihan dan meringankan nyeri punggung.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya terapi pilates dilakukan dengan pengawasan dokter.

Pilates mungkin terlihat sebagai latihan yang ringan dan tidak berbahaya. Namun, penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tersebut dan ingin melakukan olahraga pilates atau mengalami cedera saat melakukan pilates, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat. [red/alodokter]

No More Posts Available.

No more pages to load.