Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning Pedas

oleh -

Bahan-bahan :
3 ekor ikan nila
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
1 sdt air asam jawa
1 cm jahe, dihaluskan
Bumbu Halus Ikan Bakar :
5 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt garam
2 sdm minyak goreng
1/4 sdt penyedap rasa
1/4 sdt merica bubuk
3 buah cabai rawit
3 cm kunyit, bakar
5 siung bawang putih
Bahan Pelengkap Ikan Bakar :
Timun
Seladah
Sambal kecap
Kemangi (Lalapan)
Cara Membuat :
Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Dimasak :
Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan membersihkan ikan nila sebelum kita masak dan dibumbui menjadi hidangan yang lezat dan begitu nikmat.
Nah, hal pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan ikan nila yakni dengan membersihkan sisik ikan dengan menggunakan pisau atau sendok hingga bersih secara merata.
Sebaiknya, bersihkan sisik ikan dengan arah yang berlawanan dari sisik ikan yakni dari bagian ekor ke bagian kepala hingga bersih.
Setelah sisik dibersihkan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan isi perut ikan. Caranya, belah perut ikan sedikit saja dan keluarkan sisinya. Lalu bersihkan bagian dalam perut ikan hingga merata. Sampai dipastikan jika tidak ada kotoran yang masih bersarang didalamnya.
Selanjutnya, bersihkan pula insang dikepala ikan. Caranya, buka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insangnya, lalu buang insang ikan yang sudah dibersihkan tersebut.
Belah ikan menjadi dua bagian yang tidak terputus dan berikan keratan pada bagian perut ikan dikedua sisi secara merata agar bumbu ikan bisa meresap kedalamnya dengan sempurna.
Selesai dibelah dan diberikan keratan, sekarang lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam dan air asam jawa secara merata. Lalu biarkan terlebih dahulu sampai bumbu ini meresap kedalam ikan secara merata. Dan sisihkan sementara.
Cara Membuat Ikan Nila Bakar Kuning Bumbu Pedas :
– Setelah ikan didiamkan dengan bumbu lumuran sebelumnya, sekarag ambil ikan dan bilas ikan dengan air untuk menghilangkan kelebihan garam yang terkandung pada ikan.
– Setelah dibilas, sekarang lumuri kembali ikan dengan bumbu halus secara merata hingga kebagian terdalam dengan sempurna.
– Setelah itu, siapkan panggangan. Untuk panggangan sebaiknya gunakan panggangan arang atau dari batok kelapa untuk membuat rasa ikan lebih nikmat dan lebih lezat.
– Ketika dipanggangan, jangan lupa balikan ikan dna berikan bumbu olesan sesekali secara merata.
– Setelah ikan bakar matang, silahkan angkat ikan dari panggangan dan sajikan kedalam piring saji.
– Ikan nila bakar ini bisa disajikan dengan bahan pelengkap lalapan dan sambal kecap yang sudah anda persiapkan. (*)

Artikel Menarik Lainya!:   Memakai Gamis Panjang Menyapu Jalan, Apa Nggak Kena Najis?