Ikan Bandeng Bumbu Cabai Hijau yang Enak, Gurih dan Sederhana

oleh -

Bahan :
3 ekor ikan bandeng
2 sdm air jeruk lemon
3 buah tomat hijau, dipotong-potong
100 ml air
1/4 sendok teh merica bubuk
3/4 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng
2 sendok makan minyak untuk tumis

Bumbu Ditumbuk Kasar:
3 butir kemiri, sangrai
2 siung bawang putih
8 butir bawang merah
3 buah cabai hijau keriting
5 buah cabai hijau besar
1 cm jahe

Cara Memasak :
Tips Membersihkan Ikan Bandeng Segar:
Untuk yang pertama, mari kita lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ikan bandeng segar. Caranya, bersihkan terlebih dahulu ikan dengan membersihkan bagian jeroan ikannya. Dibagian jeroan ikan ini terdapat kotoran yang mana bagian ini tidak dapat dikonsumsi dan harus kita buang. Nah sementara itu, untuk menjangkau bagian jeroan pada perut ikan adalah dengan menyayat bagian perut ikan. Setelah bagian ini terbuka, anda bisa langsung membersihkan bagian perut ikan secara merata hingga bersih. Untuk memastikan jika bagian perut ikan sudah dibersihkan secara keseluruhan, maka silahkan bilas kembali ikan yang setelah bagian jeroannya dikeluarkan.
Selanjutnya, bersihkan pula bagian sisik ikan. Caranya, kerik sisik ikan dengan menggunakan sendok dan bersihkan sisik ikan tersebut secara merata.
Bagian terakhir pada ikan yang harus dibersihkan adalah bagian insang yang ada dikepala ikan. Mudah sekali untuk membersihkan bagian ini, caranya buka bagian kepala ikan dengan menggunakan tangan dan bersihkan bagian lapisan insang dengan menggunakan tangan hingga bersih merata.
Setelah itu, lumuri ikan bandeng segar yang telah dibersihkan dengan air jeruk lemon dan juga taburan garam, setelah itu diamkan sementara agar bumbu ini meresap.
Setelah ikan didiamkan dengan bumbu lumuran, siapkan panci presto atau panci bertekanan dan proses ikan bandeng dalam panci presto selama kurang lebih 20 menit sampai ikan matang dan durinya lunak.
Angkat ikan jika sudah matang dan masukkan ikan dalam piring atau wadah yang telah anda persiapkan.

Artikel Menarik Lainya!:   50 Fakta Aneh Dan Unik Di Dunia - 7

Cara Membuat :
Setelah ikan bandeng di presto, sekarang ambil wajan, letakkan diatas kompor yang menyala, tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas secara merata.
Setelah minyak panas, silahkan goreng ikan kedalamnya dan masak ikan hingga kering dan matang. Angkat ikan yang sudah matang dan sisihkan sementara.
Selanjutnya, kita ambil kembali wajan dan masukkan minyak kedalamnya. Anda bisa menggunakan minyak bekas menggoreng ikan dan panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar hingga ikan mengeluarkan aroma yang harum dan matang.
Setelah itu, masukkan tomat kedalamnya dan aduk-aduk hingga rata sampia tomat menjadi lebih layu.
Baru setelah itu, masukkan ikan bandeng yang telah digoreng dan tuangkan air, lalu aduk-aduk hingga mendidih.
Tambahkan bumbu seperti garam dan merica bubuk, lalu aduk-aduk hingga bumbu ini meresap kedalam ikan secara merata.

Artikel Menarik Lainya!:   Resep Ayam Bakar Bumbu Kecap Special