Darah Nifas Keluar Melebihi 40 Hari

oleh -

Assalammualaikum ustad.. Saya mau bertanya.. Saya sudah selesai nifas 40 hari. Tapi kewanitaan saya mengeluarkan nanah karena jahitan lepas yang menyebabkan infeksi. Apakah saya boleh shalat walau kewanitaan saya mengeluarkan nanah.
=
Jika wanita nifas telah mendapatkan kesuciannya (tidak mengeluarkan darah nifas lagi) sebelum mencapai hari ke empat puluh maka ia harus mandi, shalat serta puasa dan bagi suaminya dibolehkan untuk mencampurinya, dan jika ia tetap mengeluarkan darah setelah empat puluh hari maka ia tetap menganggap dirinya dalam keadaan suci, karena hari ke empat puluh dianggap hari terakhir dari masa nifas menurut pendapat yang lebih kuat di antara dua pendapat para ulama.
Sementara darah yang keluar setelah empat puluh hari dianggap darah penyakit dan hukumnya sama dengan hukum darah istihadhah, kecuali jika darah itu keluar sebagai darah haidh yang menyusul darah nifas, maka pada saat itu ia dianggap dalam keadaan haidh yang harus meninggalkan shalat dan puasa serta diharamkan suaminya untuk mencampurinya.
Untuk kasus anda, maka tentu darah atau nanah yang keluar adalah darah karena ada luka. Oleh karena itu Anda tetap wajib melaksanakan shalat. Hendaknya Andamenggunakan kapas atau sejenisnya untuk mencegah menetesnya darah.

No More Posts Available.

No more pages to load.