Cukup Gunakan 2 Kali Seminggu Dapatkan Rambut Extra Panjang, Lembut Bercahaya Serta Kulit Kepala Sehat Anti Ketombe

oleh -

Rambut dan kulit kepala bermasalah. Ternyata, banyak cara alami untuk menyehatkan mahkota kita tersebut. Salah satunya dengan menggunakan bahan yang tak disangka mampu membantu merawat rambut dan kulit. Apakah itu? Air beras!

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2010 mengungkapkan air beras menunjukkan hasil positif pada perawatan rambut seperti meningkatkan elastisitas rambut dan mengurangi risiko rusaknya kulit kepala.

Menurut studi ini, air beras memiliki inositol, zat yang memperbaiki rambut dan melindunginya dari kerusakan. Inositol pun merupakan zat yang bertahan lama bahkan setelah dibilas.
Inositol dapat melindungi rambut dan mempercantiknya. asam amino dalam air beras juga memperkuat akar rambut, menambah volume dan membuat rambut kemilau dan halus.
Tak hanya bemanfaat pada rambut, Ibu juga bisa menggunakan air beras untuk kulit. air beras ternyata memberikan efek menenangkan pada kulit.
Praktisi ayurveda juga merekomendasikan air beras sebagai obat yang efektif untuk kulit yang meradang. Kandungan air beras ternyata memiliki fungsi pelembap, antioksidan yang dapat memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah penuaan dini.
Air beras bahkan dapat melindungi kulit Ibu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ingat masker tepung beras yang sering disebut “bedak dingin”? Nah, itu dia.
Lalu seperti apa cara tepat menggunakan air beras agar bermanfaat bagi rambut dan kulit?
– Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti rosemary, lavender atau tea tree ke dalam air beras untuk menambah manfaatnya. Setelah keramas, siram rambut dengan air beras tadi dan pijat dengan lembut. Setelah itu, Ibu bisa mendiamkan selama 4-5 menit. Siapkan air hangat suam suam kuku untuk membilasnya. Lakukan hal ini satu hingga dua kali dalam seminggu.
– Air beras aman digunakan semua jenis kulit seperti kulit kering, berminyak, atau normal. Cara pakainya sama dengan aplikasi losion ke wajah. Jika ditambahkan dengan beras tumbuk (atau tepung beras buatan sendiri), manfaatnya akan sama dengan scrub. Masaklah beras terlebih dahulu sampai empuk sebelum airnya habis (beras aron). Setelah itu saring hingga mendapatkan sarinya. Cara ini bisa menjadi alternatif selain mengambil air dari bekas cucian beras.
Berbagai Manfaat Air Beras Untuk Rambut
Mempercepat Pertumbuhan Rambut
Jika anda sedang ingin menumbuhkan rambut dengan cepat karena salah potong atau mengalami kebotakan, anda bisa mencoba ramuan air beras sebagai penumbuh rambut. Caranya mudah, setelah anda keramas dengan menggunakan shampo, bilas lagi rambut anda yang sudah bersih dari sisa shampo dengan air beras. Lakukan langkah ini kira-kira dua kali seminggu untuk hasil yang optimal. Oh iya, jangan menggunakan kondisioner setelah anda keramas ya!
Mengurangi Rambut Bercabang
Manfaat air beras untuk rambut bercabang. Rambut yang bercabang memang sangat mengganggu, karena dapat mengurangi kecantikan rambut. Biasanya rambut bercabang terjadi karena rambut anda kering sehingga struktur rambut pecah atau patah dan tumbuh menjadi dua. Untuk menyingkirkannya, anda bisa melakukan perawatan dengan air beras.
Caranya, rendam ujung-ujung rambut (ingat, hanya ujung rambut saja) dalam semangkuk air beras dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa air beras dari ujung rambut dengan air bersih.
Memberi Volume pada Rambut
Rambut yang lebih bervolume tentunya akan terlihat lebih menarik dan mudah untuk ditata bukan? Nah, jika anda terlahir secara alami dengan rambut yang tipis, anda bisa menambah volume rambut anda dengan alami menggunakan air beras.
Caranya sama dengan langkah pertama untuk menumbuhkan rambut, yaitu bilas rambut anda yang sudah bersih dengan air beras. Lakukan perawatan ini selama tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Menghilangkan Ketombe
Salah satu manfaat air beras untuk rambut adalah menyingkirkan salah satu musuh utama pada rambut, yaitu ketombe. Ketombe bisa muncul karena banyak hal, salah satunya adalah karena kulit kepala yang kotor dan berminyak. Nah, untuk mengurangi bahkan mengentaskan produksi ketombe pada kulit kepala, anda bisa melakukan perawatan dengan membilas rambut anda menggunakan air beras secara teratur.
Membuat Rambut Menjadi Berkilau
Rambut yang indah adalah rambut yang tebal, lembab dan berkilau layaknya bintang iklan di TV. Nah, jika anda menginginkan rambut anda menjadi lebih berkilau, lakukan saja perawatan rambut dengan menggunakan manfaat air beras.
Caranya, siapkan air beras dan air mawar secukupnya. Campurkan kedua bahan dan aduk hingga rata. Bilaskan campuran ini pada rambut anda, lalu tanpa dibilas terlebih dahulu dengan air bersih, tutup rambut anda dengan shower cap atau tutup plastik khusus rambut. Biarkan selama 20 menit, angkat penutup rambut, lalu bilas rambut hingga bersih dari sisa-sisa air beras.
Menyingkirkan Kutu
Kutu rambut boleh jadi adalah musuh terberat rambut, karena kutu rambut dapat mengotori kulit kepala dan tentunya membuat kulit kepala menjadi gatal. Nah, jika anda memiliki permasalahan ini, anda bisa menyingkirkan kutu rambut ini dengan air beras.
Caranya, bilas rambut anda dengan air beras, dan jangan lupa untuk mengusap-usapkannya juga pada kulit kepala dan seluruh helai rambut. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih. Kandungan pati yang ada pada air beras dipercaya mampu membunuh kutu beserta telurnya pada rambut.
Wah, ternyata dari air bekas cuci beras bisa dimanfaatkan menjadi asupan nutrisi untuk rambut, ya! Selain berbagai manfaat air beras untuk rambut di atas, air beras juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah dan kesehatan tubuh lho!
Sumber: vemale-shares

Artikel Menarik Lainya!:   Belajar Cara Make Up Natural Untuk Pemula

No More Posts Available.

No more pages to load.