Berbagaimacam Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit mu guys!

oleh -
Berbagaimacam Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit mu guys!
Berbagaimacam Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit mu guys!

Roda Duniawi – Selain nikmat untuk disantap, oatmeal juga ternyata bisa dipakai untuk mandi, lho. Manfaat mandi oatmeal sangat beragam, mulai dari melembapkan kulit hingga mengatasi berbagai masalah pada kulit. Cara membuatnya pun tidak sulit, kok.

Oatmeal umumnya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Makanan yang tergolong biji-bijian ini dikenal dapat menjaga berat badan, mengontrol kadar gula darah, dan menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, sudah sejak lama oatmeal kerap digunakan saat mandi karena disinyalir dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Berbagaimacam Manfaat Mandi Oatmeal untuk Kesehatan Kulit mu guys!

Sederet Manfaat Mandi Oatmeal

Oatmeal yang digunakan ketika mandi bukanlah jenis yang sama dengan oatmeal untuk konsumsi. Oatmeal yang digunakan untuk mandi adalah jenis oatmeal koloid. Oatmeal koloid mengandung vitamin E, asam ferulat, aventhramides, dan senyawa lain yang dapat menyehatkan kulit.

Mandi oatmeal ini aman dilakukan oleh segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Berikut adalah sederet manfaat mandi oatmeal yang perlu kamu ketahui:

  1. Mengurangi rasa gatal pada kulit
Artikel Menarik Lainya!:   15 Tempat Wisata Menarik di Kerinci

Kelainan kulit akibat gigitan serangga, terbakar sinar matahari, reaksi alergi, ketombe, cradle cap, ruam popok, eksim, psoriasis, cacar air, dan herpes zoster, dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Untuk mengurangi rasa gatal akibat kondisi tersebut, kamu bisa mandi oatmeal.

  1. Melembapkan kulit

Selain rutin menggunakan krim dan losion, kamu juga bisa mandi oatmeal untuk mendapatkan kulit yang lembap. Oatmeal mengandung pati, beta-glukan, dan polisakarida yang berperan untuk mengunci kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan mencegah munculnya masalah pada kulit.

  1. Mempertahankan pH kulit

Kulit memiliki pH alami sekitar 5,7. Akan tetapi, beberapa faktor seperti polusi udara, penggunaan make up dan produk antibakteri, paparan deterjen, serta paparan sinar matahari dapat merusak keseimbangan pH alami kulit wajah. Kadar pH yang tidak seimbang ini dapat menyebabkan kulit mudah rusak dan iritasi.

Untuk mempertahankan pH kulit dan mencegah kerusakan kulit, kamu bisa rutin melakukan mandi oatmeal. Oatmeal diketahui memiliki pH yang menyerupai dengan pH kulit sehingga bisa digunakan untuk menjaga pH kulit tetap normal.

  1. Mengurangi reaksi histamin
Artikel Menarik Lainya!:   Cukup Basuh Selama 30 Menit, Kerutan Hilang Wajah Jadi Bersih dan Kinclong

Histamin merupakan zat kimia yang diproduksi oleh tubuh ketika mengalami reaksi alergi atau infeksi. Nah, mandi oatmeal bisa dimanfaatkan untuk mengurangi reaksi histamin yang disebabkan oleh alergi pada kulit.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, penelitian telah membuktikan bahwa mandi oatmeal dapat mengurangi penggunaan obat kortikosteroid pada orang yang mengalami dermatitis atopik. Mandi oatmeal juga dapat membantu mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh virus, seperti moluskum kontagiosum.

Cara Melakukan Mandi Oatmeal

Oatmeal koloid bisa dengan mudah kamu temukan di toko bahan makanan. Pastikan oatmeal yang dibeli tidak mengandung perasa, gula, garam, atau bahan kimia apa pun.

Berikut adalah cara mandi oatmeal yang bisa kamu terapkan:

  • Giling halus oatmeal menjadi bubuk dengan food processor atau blender.
  • Siapkan bak mandi yang telah diisi dengan air hangat. Taburkan oatmeal yang dihaluskan sebanyak 1-1,5 cangkir (untuk orang dewasa) atau sepertiga cangkir (untuk bayi).
  • Berendamlah di dalam air oatmeal tersebut selama 15−20 menit. Jangan terlalu lama, karena hal ini bisa menghilangkan kelembapan kulit.
  • Setelah selesai, keringkan tubuh dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk. Hindari menggosok-gosok kulit dengan handuk karena dapat mengiritasi kulit.
  • Segera gunakan pelembap kulit setelah mandi oatmeal.
Artikel Menarik Lainya!:   Lima Buah Buat Diet Khusus Menurunkan Berat Badan mu

Meski bermanfaat, mandi oatmeal bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Jadi. sebelum melakukannya, sebaiknya kamu melakukan tes kecil terlebih dahulu.

Oleskan air yang sudah dicampur oatmeal pada sebagian kecil permukaan kulit, lalu amati. Jika setelah 15 menit muncul gejala alergi, sebaiknya jangan lakukan mandi oatmeal.

Mandi oatmeal memang bisa diandalkan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Akan tetapi, jika setelah mandi oatmeal masalah kulitmu tidak kunjung mereda, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. [alodokter]

No More Posts Available.

No more pages to load.