Beda Penyakit Gonore dan HIV

oleh -
Roda Duniawi – Penyakit Gonoro dan HIV mungkin banyak yang beranggapan suatu jenis penyakit yang sama walaupun pada dasarnya merupakan dua penyakit yang berbeda, baik dari penyebabnya, gejalanya, maupun cara penyembuhannya. Gonore merupakan penyakit yang disebabkan Seperti Bakteri Neisseria Gonorrhoeae, sedangkan Infeksi HIV disebabkan seperti Virus HIV dari golongan yang berasal retrovirus.
Beda Penyakit Gonore dan HIV

Gejala  Infeksi pada Gonore adalah Ketika saat Buang Air Kecil umunya disertai nyeri dan nanah atau morning drip untuk Pria, pada wanita pada umumnya diawali terjadinya keputihan yang berlebihan beserta nyeri saat buang air kecil atau kemih.  Penyakit Gonore pada umumnya ini timbul gejala tanpa disadari, dan bisa diobati dengan suntikan (Injeksi) Antibiotik.  Hubungan seksual berganti-ganti pasangan dan tidak memakai pengaman ayau kondom (kontrasepsip) adalah salah satu penyebab besar dari penularan penyakit Gonore, untuk pada pada bayi bisa terjadi karena proses melahirkan secara normal oleh Ibu yang terkena Gonore.
Sedangkan Pada HIV/AIDS, sebab yang ditimbulkan merupakan kumpulan infeksi oportunistik yang muncul karena adanya penurunan daya tahan tubuh secara drastis yang disebabkan oleh perkembangbiakan virus ini.  Pada Kondisi ini, Infeksi apapun menjadi sangat fatal, bahkan infeksi jamur sekalipun dapat mengakibatkan kematian pada para penderita HIV/AIDS.
Sementara untuk pengobatannya, Penyakit ini belum memiliki pengobatan yang menjamin kesembuhan 100%, namun memiliki pengobatan yang dapat menghambat pertumbuhan virus yang harus dikonsumsi seumur hidup dan teratur.  Penyakit ini ditularkan melalui cairan tubuh seperti Sperma, cairan vagina, darah, dan ASI. Persamaan yang dimiliki oleh kedua penyakit ini adalah, keduanya sama-sama dapat ditularkan melalui Hubungan seksual yang tidak aman, yang dilakukan dengan orang yang tidak diketahui latar belakang seksualnya. Sehingga dapat dikatakan, orang dewasa yang mengalami Infeksi Gonore yang ditularkan melalui Hubungan seksual yang tidak aman, juga memiliki potensi untuk tertular HIV.
Apabila Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan beresiko dengan seks bebas tersebut diatas, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan cek untuk mendeteksi secara dini Infeksi dari HIV/AIDS agar mengetahui secara jelas kondisi dari ksehatan Anda.  Namun apabila Anda tidak ada memiliki kebiasaan tersebut seperti diatas, selalu menjaga kesehatan Anda dengan tidak melakukan Hubungan seksual yang sangat beresiko, tetap gunakan kondom saat berhubungan seksual, menghindari untuk menggunakan Narkoba dan Suntik, dan rajin melakukan Medical Check Up merupakan salah satu langkah utama dalam mencegah terjadinya penyebaran dan penularan kedua penyakit ini.  Segeralah berkonsultasi dengan Dokter untuk membicarakan masalah ini sehingga Anda mendapatkan pemeriksaan yang akurat dan menerima penanganan secara cermat dan tepat guna. Artikel terkait: Pengobatan Gonore Memeriksakan Diri Untuk Deteksi HIV. ref : dr. Otniel Budi Krisetya (https://www.alodokter.com/komunitas/topic/penyakit-gonore-5)

No More Posts Available.

No more pages to load.