Anda Penyuka Minum Kopi? Yuk Intip Cara Menikmati Kopi Yang Benar

oleh -
Anda Penyuka Minum Kopi? Yuk Intip Cara Menikmati Kopi Yang Benar
Anda Penyuka Minum Kopi? Yuk Intip Cara Menikmati Kopi Yang Benar. [ilustrasi]

Roda Duniawi – Kopi merupakan minuman yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari peran negara kita sebagai penghasil kopi yang diekspor ke berbagai negara. Salah satunya Kopi Toraja atau Kopi Luwak yang sangat mendunia. Kedua kopi tersebut benar-benar asli Indonesia.

Namun tidak semua orang suka minum kopi. Namun, siapa sangka, untuk mendapatkan cita rasa aslinya, cara meracik dan meminum kopipun sebenarnya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan nih.

Nah, bagi kamu para pemula yang tertarik untuk minum kopi, kamu perlu mengetahui nih cara menikmati kopi yang benar ini. Kopi yang kamu minum akan terasa nikmat hingga berkali-kali lipat jika kamu meminumnya dengan cara yang tepat.

Yuk, disimak cara minum kopi yang benar, agar kamu bisa bisa menikmati citarasa dari kopi tersebut :

  1. Kenali Jenis Kopi yang Diminum

Bagi penikmat kopi, mereka pasti bisa membedakan jenis kopi hanya dengan sekali merasakannya. Namun bagi pemula, tentu butuh kerja keras untuk bisa membedakan satu jenis kopi dan lainnya. Nah Stars, buat kamu pemula cara pertama menikmati kopi bagi pemula adalah mengetahui jenis kopinya terlebih dahulu.Sebagai contoh, Kopi Toraja memiliki cita rasa yang berbeda dengan Kopi Kintamani. Toraja rasanya pahit tapi rasa pahit tersebut cepat hilangnya. Sementara Kitamani rasanya lebih ringan dan lembut dan ada sedikit sentuhan rasa buah-buahan karena penanamannya melalui proses tumpang sari bersama tanaman buah.

  1. Hindari Kopi Instan
Artikel Menarik Lainya!:   Pendapat 4 Ahli Seputar Manfaat Susu

Penikmat kopi sejati pasti akan berusaha menghindari kopi instan sebisa mungkin. Rasa kopi instan tentu saja tidak senikmat kopi yang memang berasal dari biji kopi yang baru digiling dan langsung diseduh. Jika kamu ingin menikmati kopi yang benar-benar enak, lebih baik kamu menikmati kopi yang terbuat dari biji kopi yang dihaluskan dan langsung diseduh.

  1. Jangan Minum Kopi Selagi Panas

Stars, secangkir kopi panas memang sangat nikmat, tetapi jika kopinya terlalu panas makan lidah kamu bisa terbakar. Agar kamu bisa menikmati cita rasa kopi tersebut. Alangkah baiknya jika kamu menunggu 5 menit setelah kopi diseduh baru kamu meminumnya. Menurut para penikmat kopi dan barista profesional, suhu terbaik untuk menikmati kopi adalah 60 derajat celcius. Sedangkan untuk kopi hitam, sebaiknya tidak diseduh dengan air yang suhunya melebihi 88 derajat celcius. Semakin panas airnya, semakin pahit rasa kopinya karena kafein akan melebur lebih cepat pada suhu air yang tinggi.

  1. Hirup Aroma Kopi
Artikel Menarik Lainya!:   Kanker Mengintai Dibalik Kenikmatan Ikan Asin

Stars, setiap jenis kopi pasti menghasilkan aroma tersendiri. Sebelum kamu menikmati kopi yang sudah diseduh dengan beragam cara, kamupun harus merasakan keharuman aroma kopi yang menggugah selera.

Sambil menunggu suhu panas kopi hilang, dekatkan cangkir kopi ke hidungmu dan hiruplah dalam-dalam aroma kopinya. Aroma kopi yang barusan kamu cium akan memberikan sugesti pada rasanya. Bila kamu merasa aroma kopinya nikmat, maka kamupun akan merasa cita rasa kopinya juga luar biasa enak.

  1. Minum Secara Perlahan

Stars, untuk bisa menikmati cita rasa kopi, alangkah baiknya jika kamu meminum kopi secara perlahan dengan cara menyeruput kopinya. Setiap kopi yang masuk ke dalam mulut kamu tentu akan memberikan kesegaran dan rasa nikmat yang tidak akan terlupakan.

  1. Minum dalam Dosis Kecil
Artikel Menarik Lainya!:   Gaya BerJilbab untuk Pemilik Pipi Chubby

Stars, bagi kamu pemula yang masih bingung mengenai cara menikmati kopi, lebih baik kamu meminum kopi dalam dosis kecil terlebih dahulu. karena, kamu perlu terbiasa dengan rasa kopi sehingga kamu harus menyesuaikannya melalui dosis kecil terdahulu.Apabila kamu sudah terbiasa minum kopi, minumlah dengan dosis yang lebih banyak. Akan tetapi, ingatlah bahwa kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan kamu mengalami insomnia. Selain itu, nikmati kopi hitam tanpa menambahkan krimer, gula, atau bahan-bahan lain agar kamu bisa merasakan cita rasa alaminya.

Nah Stars, itu dia beberapa cara yang tepat dalam menikmati kopi bagi pemula. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat yaa. Selamat mencoba dan selamat menikmati kenikmati kopii!. [*]