4 Anggapan Mitos Tentang Penyakit Kelamin yang Salah

oleh -
Roda Duniawi –  Informasi yang keliru tentang penyakit kelamin yang menyebar mengenai seksually (transmitted diseases), dan hal ini ternyata tidak mengejutkan. Salah satu cara Solusi bagi Anda bahwa 100% yakin tidak akan tertular penyakit kelamin seperti herpes, klamidia, atau gonorea, adalah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dalam bentuk apapun apa lagi dengan orang yang terjangkit. Tetapi, apabila Anda memutuskan untuk melakukan hubungan seks, Anda harus mengetahui betul dan memastikan informasi yang benar.

4 Anggapan Mitos Tentang Penyakit Kelamin yang Salah

Berikut beberapa 5 kesalahan tentang penyakit kelamin yang diketahui orang.
Mitos: Kita bisa tahu jika seseorang mengidap penyakit kelamin hanya dengan melihatnya.
Bahkan dokter sekalipun Kenyataannya tidak dapat mengatakan bahwa seseorang mengalami penyakit kelamin hanya dengan melihatnya. Mereka perlu melakukan tes, seperti tes darah.
Seseorang terjangkit penyakit kelamin bisa saja tidak mengetahui bahwa mereka mengidapnya, sebab penyakit kelamin tidak selalu memiliki gejala. Tetapi tanpa adanya gejala pun, orang dengan penyakit kelamin dapat menularkan dan menyebarkan virus tersebut. Penyakit kelamin yang tidak ditangani dapat berakibat pada masalah kesehatan yang serius, seperti kemandulan atau pelvic inflammatory disease (PID), yang dapat mengakibatkan Anda berakhir di rumah sakit. 
Apa yang seharusnya dapat Anda lakukan?
Biarapun Anda dan pasangan Anda berpikir bahwa tidak ada satupun dari kalian yang terjangkit penyakit kelamin, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan sebelum berhubungan seks.  Selain itu, gunakan juga alat kontrasepsi seperti kondom setiap berhubungan, ini adalah bentuk tindak pencegahan karena hasil pemeriksaan penyakit kelamin dapat cukup memakan waktu untuk terlihat.

4 Anggapan Mitos Tentang Penyakit Kelamin yang Salah
Mitos: Kita dapat menghindari penyakit kelamin dengan seks oral atau analKenyataannya: Apapun bentuk hubungan seks (oral, anal, vaginal, ataupun hanya kontak seksual), tidak menutup kemungkinan penularan penyakit kelamin.
Virus sebagai penyebab penyakit kelamin bisa memasuki tubuh manusia bahkan melalui luka atau robekan kecil di mulut dan dubur, begitu pula dengan kemaluan. Beberapa penyakit kelamin, seperti herpes atau kutil pada kemaluan, dapat menular hanya dengan melalui kontak dengan kulit atau luka yang terinfeksi. 
Apa yang seharusnya dapat Anda lakukan?
Gunakan alat kontrasepsi sejenis kondom atau dental dan (pelindung mulut) setiap Anda melakukan oral atau anal seks. Apabila rasa dari karet mengganggu Anda, sekarang telah tersedia kondom dengan berbagai rasa dan aroma yang dibuat khusus untuk oral seks.
Mitos: Apabila seseorang telah terjangkit penyakit kelamin satu kali, maka tidak akan terjangkit lagi
Kenyataannya: Anda dapat terjangkit penyakit kelamin lebih dari satu kali.
Beberapa penyakit kelamin memang tidak dapat disembuhkan selamanya, contohnya herpes dan HIV. Selain itu, penyakit seperti klamidia dan gonohea masih bisa disembuhkan.  Oleh karena itu, Anda dapat terjangkit lagi dengan penyakit yang sama jika melakukan kontak dengan seseorang yang terjangkit penyakit tersebut.
Apa yang seharusnya dapat Anda lakukan?
Tentu saja lindungi diri Anda dengan kondom! Dan jika Anda melakukan hubungan seks, Anda dapat melakukan pemeriksaan oleh dokter secara rutin.  Apabila Anda terdiagnosis penyakit kelamin, maka pasangan Anda juga harus melakukan perawatan penyembuhan saat itu juga seperti Anda. Dengan begitu, pasangan Anda akan terhindar dari masalah berkelanjutan ke depannya serta mencegah penularan kembali. 
Mitos: Apabila saya melakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif, maka pasangan tidak harus memeriksakan diri
Kenyataannya: Pasangan Anda mungkin saja terjangkit penyakit kelamin dan tidak mengetahuinya.
Bukan tidak mungkin Anda melakukan pemeriksaan, mengetahui bahwa Anda tidak memiliki penyakit kelamin, tetapi berakhir dengan tertular dari pasangan Anda sendiri.

Apa yang seharusnya dapat Anda lakukan?
Lakukan pemeriksaan bersama. Memang kedengarannya tidak romantis, tetapi tidak ada pembuktian yang lebih baik dari rasa cinta selain saling melindungi pasangan masing-masing dari penyakit.
3 fakta penting tentang penyakit kelamin
Penyakit kelamin adalah sesuatu yang lebih dari sekedar aib. Penyakit kelamin adalah masalah kesehatan serius, yang apabila tidak ditindaklanjuti mungkin saja dapat mengakibatkan kerusakan permanen, seperti kemandulan bahkan kematian.
Ada banyak sekali mitos tentang seks dan penyakit kelamin – semua yang telah disebutkan sebelumnya hanyalah beberapa hal.  Beruntungnya, Anda hanya harus mengingat fakta-fakta penting ini: 
  • Satu-satunya cara yang dapat menghindarkan kita 100% dari penyakit kelamin (dan kehamilan) adalah dengan tidak melakukan hubungan seks.
  • Jika Anda ingin melakukan hubungan seks, selalu gunakan kondom.
  • Jika Anda aktif melakukan hubungan seks, lakukan pemeriksaan untuk penyakit kelamin. Ref  Lika Aprilia Samiadi (https://hellosehat.com/hidup-sehat/seks-asmara/4-mitos-dan-fakta-tentang-penyakit-kelamin/).

No More Posts Available.

No more pages to load.